Pemanfaatan Sampah Untuk Membakar Bata Merah


Berawal Dari Inovasi

Artiket "Pemanfaatan Sampah Untuk Membakar Bata Merah" ditujukan kepada :
1. Dinas Kebersihan Dan Keindahan Tulungagung
2. Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Tulungagung

Sampah adalah sesuatu bahan yang terbuang atau dibuang dari sumber aktivitas manusia maupun proses alam yang belum memiliki nilai ekonomi. Berdasarkan asalnya, sampah padat dapat digolongkan sebagai sampah Organik dan sampah Anorganik.

Yang menjadi masalah mendasar dari sampah adalah pembuangan sampah yang tidak disertai dengan pemanfaatannya sehingga terjadilah pembuangan sampah sembarangan baik di sekitar rumah, di selokan, di sungai. bahkan di tempat pembuangan sampahpun terjadi masalah karena tidak di manfaatkannya secara maksimal sampah itu.

Dengan artikel ini yang sudah saya terapkan dalam kapasitas kecil yaitu dari sampah rumah tangga dan saya rasakan manfaatnya mungkin bisa di kembangkan oleh dinas terkait.
Pemanfaatan Sampah Untuk Membakar Bata Merah ini saya khususkan untuk sampah anorganis antara lain plastik, kayu, kardus, pempes dan sejenisnya yang pada dasarnya sampah itu bisa terbakar. Sedangkan sampah organik antara lain sampah dapur, sampah pasar, kotorann ayam, kotoran kambing, kotoran sapi juga bisa di manfaatkan untuk membakar bata merah tapi tidak saya sarankan karena sampah organik bisa di manfaatkan ke hal yang lain.

Cara Menfaatan Sampah Untuk Membakar Bata Merah
Bata merah dibakar dengan sekam dan sekam itu bisa di campur dengan sampah yang bisa terbakar antara lain plastik, kertas, daun, pempes, ranting dan sampah rumah tangga, sampah pasarpun bisa di campurkan dengan sekam untuk membakar bata merah.
Penyampuran sekam dengan sampah untuk membakar bata merah dengan perbandingan 10% sampai 50% dari sampah tersebut.

Setelah proses pembakaran bata merah selesei sekam yang di campur dengan sampah tadi akan menjadi abu, dan abu nanti bisa di manfaatkan untuk campuran tanah liat yang akan dibuat menjadi bata merah. Dengan begitu sampah tadi bisa bermanfaat untuk membakar bata merah dan bisa di manfaatkan untuk membuat bata merah tanpa meninggalkan sisa.
Dengan begitu sampah bisa menjadi berkah dan bernilai ekonomi tanpa perlu menimbun di TPA (Tempat Pembuangan Akhir Sampah).

Dimana Bisa Mengolah Sampah untuk Membakar Bata Merah
Di Tulungagung kawasan industri bata merah antara lain di Desa Notorejo kecamatan Gondang dan di desa Tiyudan kecamatan Gondang.

Jika Dinas Kebersihan dan Perindustrian Tulungagung menginginkan uji coba dalam penerapan Memanfaatan sampah untuk mebakar bata merah saya siap untuk membantu karena saya juga memproduksi Bata Merah di desa Notorejo dan sudah melakukan pemanfaatan sampah untuk membakar bata merah.

Semoga Artikel ini bermanfaat dan bisa di terapkan.

Agus Asrori.
Dusun Salam. Rt 01/Rw 08. Desa Notorejo. Kecamatan Gondang. Kabupaten Tulungagung.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Berawal Dari Inovasi